EVALUASI MODUL PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD RANTAU PRAPAT

FERI IRAWAN (2022) EVALUASI MODUL PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD RANTAU PRAPAT , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

ABSTRAK

Pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Rantauprapat menunjukkan ketidaklengkapan. Ketidaklengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan disebabkan karena perbedaan persepsi anatara perawat, inkonsistensi perawat dalam melakukan pendokumentasian dan kurangnya motivasi perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi modul pembelajaran online untuk meningkatkan kapasitas perawat dalam pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Rantau Prapat. Jenis penelitian quasi experiment dengan pendekatan pre-post test design with control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Rantau Prapat yang berjumlah 160 orang dan sampel sebanyak 31 perawat untuk kelompok intervensi dan 31 perawat untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan data primer dan sekunder dan data dianalisis dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan perawat tentang pendokumentasian asuhan keperawatan sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran modul online di RSUD Rantau Prapat dan disarankan bagi pelayanan keperawatan, supervisi klinis oleh kepala ruang harus  dilakukan secara teratur serta berkelanjutan agar perawat pelaksana diruang rawat inap dapat termotivasi dalam meningkatkan pendokumentasian yang berorientasi pada pelayanan asuhan keperawatan yang berkualitas dan bagi pendidikan  hasil  penelitian  ini  dapat  dijadikan  referensi dalam penyususnan pembelajaran yang tepat terkait modul pembelajaran daring tentang pendokumentasian asuhan keperawatan khususnya pada perawat manajer sebagai pengarahan atau penggerak.

Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Pendokumentasian

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 7
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Lampung
NOMOR ISSN/ISBN 25029495
LAMAN PENERBIT (URL) https://aisyah.journalpress.id/index.php/jika/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://aisyah.journalpress.id/index.php/jika/article/view/7108/pdf