PERENCANAAN ULANG RENCANA STRATEGIS UNTUK PEMASARAN PRODUK DENGAN ANALISIS SWOT, QSPM DAN METODE 4P DI MASA PANDEMI COVID-19

JAMES LUIS HARTONO (2021) PERENCANAAN ULANG RENCANA STRATEGIS UNTUK PEMASARAN PRODUK DENGAN ANALISIS SWOT, QSPM DAN METODE 4P DI MASA PANDEMI COVID-19 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

UKM Prime Store bergerak sebagai toko retail yang menjual berbagai oli dengan mengambil oli dari distributor oli yang sah, dengan mendistribusikannya ke berbagai bengkel sepeda motor dan ke para agen sebanyak mungkin agar dapat sampai kepada konsumen. Rencana strategi perlu digunakan dikarenakan penurunan permintaan pasar sebesar 20% di tahun 2019 ,dimana pada tahun 2018 dapat terjual 2000 dus setiap bulannya, namun di tahun 2019 hanya terjual 1600 dus setiap bulannya, di tahun 2020 terjadi kenaikan 10% di awal tahun menjadi 1700- 1800 di bulan Januari - Juni 2020, lalu menurun lagi sampai dengan akhir tahun 2020. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan volume penjualan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, meningkatkan penjualan melalui brosur, iklan dan promosi. Metode yang digunakan adalah Metode SWOT, QSPM dan Metode 4P. Dari hasil strategi yang didapatkan 6 strategis yang dapat digunakan dari pengolahan data QSPM, diharapkan UKM dapat meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, dan meningkatkan penjualan melalui brosur, iklan dan promosi yang di buat UKM. Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan maupun UKM yang terkena dampak pandemi untuk dapat bangkit dan meningkatkan penjualan produk mereka kembali. 

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2021
VOLUME JURNAL 8
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering)
NOMOR ISSN/ISBN 25414461
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/jkie/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/jkie/article/view/2535