PENGARUH E-COMMERCE, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) MEDAN
INGGRID, SANDY GOZALI, SINTA TERESIA, KELVIN KHUSUMA (2021) PENGARUH E-COMMERCE, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh ECommerce, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Konsumen pada Jasa Pengiriman PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Minat konsumen mengalami penurunan yang diakibatkan oleh ECommerce, Harga dan Kualitas Pelayanan yang masih belum optimal. Metode penelitian mengunakan kuantitatif. Populasi adalah berjumlah 196 konsumen dan sampel berjumlah 132 konsumen Teknik sampling yang digunakan adalah sampling random sampling. Hasil perhitungan pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,96 > 1,979 dan signifikan yang diperoleh 0,004 < 0,05, nilai thitung > ttabel atau 3,252 > 1,979 dan signifikan yang diperoleh 0,001 < 0,05, nilai thitung > ttabel atau 2,96 > 1,979 dan signifikan yang diperoleh 0,036 < 0,05, berarti bahwa secara parsial ECommerce, Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pembelian Pengiriman Medan-Jakarta pada PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Hasil pengujian diperoleh nilai F hitung (13,063) > F tabel (2,6 ) dan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05, berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu secara simultan ECommerce, Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pembelian Pengiriman MedanJakarta pada PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,216 hal ini berarti 21,6% dari variasi variabel Minat Beli yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebas yaitu E-commerce, Harga dan Kualitas Pelayanan sedangkan sisanya sebesar 7 ,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, seperti inovasi, tingkat kepercayaan, promosi dan pengembangan dan sebagainya.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2021 |
VOLUME JURNAL | 5 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Institute of Computer Science (IOCS) |
NOMOR ISSN/ISBN | 26854236 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/1304 |