PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO PROJEKSUS

MICHAEL LAROSA, EVA VESTYNE LENTY HALAWA, AJENG PRAPTI ASTUTI , TRI YANTI PURBA (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO PROJEKSUS , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Keputusan pembelian konsumen merupakan harapan perusahaan untuk terjadinya penjualan produk. Agar dapat membujuk konsumen membeli produk, maka diupayakan dengan memberikan kualitas produk yang bermutu, memberikan harga yang terjangkau, dan kepuasan yang optimal dari karyawan dan perusahaan kepada semua konsumen. Oleh sebab itu, penelitian dilakukan untuk menetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kepuasan terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi adalah pelanggan yang datang membeli sebanyak 258, sedangkan pengambilan sampel dengan rumus Slovin sebanyak 72 responden. Teknik analisis data menggunakan uji F, Uji T, regresi linear berganda dan uji asumsi klasik dan analisis data menggunakan program SPSS versi 20. Hasil data menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepuasan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan, kualitas produk, harga dan kepuasan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kukeputusan pembelian konsumen. Keputusan pembelian konsumen mampu dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan kepuasan konsumen sebesar 46,50% dan sisanya 53,50% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2021
VOLUME JURNAL 5
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Batanghari
NOMOR ISSN/ISBN 25978829
LAMAN PENERBIT (URL) http://ekonomis.unbari.ac.id/index.php/ojsekonomis/index
LAMAN ARTIKEL (URL) http://ekonomis.unbari.ac.id/index.php/ojsekonomis/article/view/325