PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KELUHAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. JAYA MANDIRI BANGUNAN
KELVIN, HENDRIK HAGAI SITUMEANG, ANDY, JEFRY KOSASIH (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KELUHAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. JAYA MANDIRI BANGUNAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Kepuasan konsumen merupakan salah satu hal penting yang perlu dipenuhi oleh perusahaan melalui upaya memberikan kualitas produk yang baik, kualitas pelayanan yang prima serta menangani keluhan dengan cepat dan tanggap.Oleh sebab itu, penelitian dilakukan untuki mengetahui pengaruh kualitasi produk, kualitas pelayanan, dan keluhan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap sebanyak 84, sedangkan pengambilan sampel dengan rumus Slovin sebanyak 83 responden. Teknik analisis data menggunakan uji F, Uji T, regresi linear berganda dan uji asumsi klasik dan analisis data menggunakan program SPSS versi 20.
Hasil data menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produki dani kualitasi pelayanani tidak berpengaruhi positifi dani signifikan terahdapi kepuasani konsumen, sedangkan keluhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan, kualitas produk, kualitas pelayanan dan keluhan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikani terhadap kepuasan konsumen di PT. Jaya Mandiri Bangunan. Kepuasan konsumeni dapati dijelaskani oleh kualitas produk, kualitas pelayanan dan keluhani sebesar 53,10% dan sisanyai 46,90% dijelaskan oleh variabel laini yangi tidak diteliti.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2021 |
VOLUME JURNAL | 5 |
NOMOR JURNAL | 941 |
NAMA PENERBIT | Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi |
NOMOR ISSN/ISBN | 26215306 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/941 |