PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU UHT DIAMOND PADA PT. DIAMOND COLD STORAGE MEDAN

ARDI GUNAWAN, JENSEN TANDIKA, LINCA HUTASOIT, MARTA ULI SILITONGA (2019) PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU UHT DIAMOND PADA PT. DIAMOND COLD STORAGE MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

ABSTRAK

 

PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU UHT

DIAMOND PADA PT. DIAMOND COLD

STORAGE MEDAN

 

Ardi Gunawan

Jensen Tandika

Linca Hutasoit

Marta Uli Silitonga

Jurusan : Manajemen

Program Studi Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia

 

 

Objek penelitian berada di PT Diamond Cold Storage. Keputusan pembelian adalah keputusan yang dimiliki oleh konsumen dalam menentukan produk yang akan dibeli ketika mendapat sebuah penawaran. Keputusan pembelian merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan di dalam menawarkan produk yang dijual. Keputusan pembelian salah satunya dapat dipengaruhi oleh citra merek dan kualitas pelayanan. Citra merek yang baik selalu menggambarkan bentuk produk yang mereka anggap memiliki harapan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Citra merek perlu dibangun agar perusahaan mampu dalam mendapatkan persepsi yang baik dari pelanggan pada saat ini. Sedangkan kualitas pelayanan selalu menjadi ukuran perbandingan utama dalam seleksi suatu pelayanan di dalam membeli suatu produk. Ukuran pelayanan yang baik akan membentuk pelanggan yang nyaman dalam menggunakan dan membeli produk dari perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengujian data menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan wawancara, pembagian kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi pengujian secara simultan (Uji-F) dan secara parsial (Uji-t). Populasi yang digunakan adalah sebesar 324 konsumen dan jumlah sampel yang digunakan adalah 179 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 32,1%. Dengan nilai Fhitung > Ftabel (43.104>3,04) dan nilai uji t thitung > ttabel variabel citra merek (4.157>1,972) dan variabel kualitas pelayanan (5.795>1,972). Dengan demikian citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Diamond Cold Storage

 

Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 3
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT Jurnal Aksara Public
NOMOR ISSN/ISBN 26551918 28771516
LAMAN PENERBIT (URL) http://www.aksarapublic.com/index.php/home
LAMAN ARTIKEL (URL) http://s3.amazonaws.com/assets.unprimdn.ac.id/documents/research_disseminations/185/48807da05e66940f9e8066a4ba73065ed2ad3d64.pdf