EKSISTENSI PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

DIANA LESTARI BR SITOMPUL, SRY PUTRIKA S, SRI MELATI PERTIWI PINEM (2020) EKSISTENSI PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Abstrak

Upaya dalam menerapkan Eksistensi belajar siswa yang diisntrumentalkan tes yang digunakan dalam 

melakukan penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa terhadap materi 

yang diberikan oleh guru. Analisis bahan ajar yang digunakan harus relavan sesuai dengan kurikulum 

yang disusun, pertanyaan atau soal yang di berikan sesuai dengan materi yang sudah di ajarkan 

kepada siswa, penerapan soal yang disusun dengan uji coba 20 butir soal pilihan berganda diketahui 

dari hasil tes bahwa 50% siswa nilainya dibawah 50 dan nilai tertinggi hanya dapat dicapai 5% siswa 

atau satu orang saja yang mendapat nilai dikelas tersebut. Hasil ini menunjukkan bahwa belajar 

dikelas ini masih rendah, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa Indonesia yang 

digunakan oleh (guru) adalah 70, berdasarkan hasil tes ini dapat diketahui bahwa 19 siswa yang tidak 

mencapai KKM, dan hanya 1 siswa saja yang dapat mencapai nilai tersebut. Dari hasil uji coba 

angket yang dijabarkan melalui beberapa indikator dirincikan menjadi 20 bulir-bulir pertanyaan, 

dengan 5 pilihan jawaban ordinal ( sangat setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju), 

dapat diketahui bahwa 90% siswa bersemangat mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia yang 

menggunakan perangkat pembelajaran. Hal ini menggambarkan bahwa aktivitas belajar siswa akan 

semakin kondusif jika (guru) mengajar sesuai dengan (perangkat pembelajaran), dari hasil angket 

juga menunjukkan 39% siswa yang merasa tegang dan takut selama mengikuti aktivitas yang 

dilakukan oleh guru. Sebagian 20 indikator angket juga terdapat 2 kriteria yang persentasinya kurang 

dari 50% dan 17 kriteria lainnya lebih dari 60% dari data yang tertera, aktivitas belajar siswa semakin 

optimal dengan adanya pengajaran yang disusun dengan perangkat pembelajaran, dari hasil angket 

dapat disimpulkan bahwa nilai yang diberikan terhadap penggunaan perangkat pembelajaran dalam 

mengajar adalah 74,4. Pelaksanaan observasi yang telah dilakukan selama 3 bulan berkenaan dengan 

keobjektivitasan terhadap sekolah dan integrasi dengan tujuan tertentu dapat diketahui bahwa 90% 

siswa tampak bersemangat mengerjakan tes dan setiap aktivitas belajar yang disusun oleh guru, 

namun pada interaksi belajar dan inisiatif terdapat 50% siswa yang menunjukkan perilaku yang sesuai 

dengan tujuan peneliti. Ditambah lagi 60 % siswa yang pernah mengikuti lomba atau kreaktivitas 

sekolah antar pelajar, dengan hasil ini dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dan prestasi 

masing-masing menunjukkan adanya ketidak seimbangan walaupun guru sudah mengoptimalkan 

fungsi perangkat pembelajaran dalam proses pengajarannya. 

 

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2020
VOLUME JURNAL 9
NOMOR JURNAL 38
NAMA PENERBIT Kode Jurnal Bahasa
NOMOR ISSN/ISBN 2301-5411
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/manager/importexport/plugin/QuickSubmitPlugin
LAMAN ARTIKEL (URL) https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19973