EKSISTENSI PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DIANA LESTARI BR SITOMPUL, SRY PUTRIKA S, SRI MELATI PERTIWI PINEM (2020) EKSISTENSI PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Abstrak
Upaya dalam menerapkan Eksistensi belajar siswa yang diisntrumentalkan tes yang digunakan dalam
melakukan penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa terhadap materi
yang diberikan oleh guru. Analisis bahan ajar yang digunakan harus relavan sesuai dengan kurikulum
yang disusun, pertanyaan atau soal yang di berikan sesuai dengan materi yang sudah di ajarkan
kepada siswa, penerapan soal yang disusun dengan uji coba 20 butir soal pilihan berganda diketahui
dari hasil tes bahwa 50% siswa nilainya dibawah 50 dan nilai tertinggi hanya dapat dicapai 5% siswa
atau satu orang saja yang mendapat nilai dikelas tersebut. Hasil ini menunjukkan bahwa belajar
dikelas ini masih rendah, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa Indonesia yang
digunakan oleh (guru) adalah 70, berdasarkan hasil tes ini dapat diketahui bahwa 19 siswa yang tidak
mencapai KKM, dan hanya 1 siswa saja yang dapat mencapai nilai tersebut. Dari hasil uji coba
angket yang dijabarkan melalui beberapa indikator dirincikan menjadi 20 bulir-bulir pertanyaan,
dengan 5 pilihan jawaban ordinal ( sangat setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju),
dapat diketahui bahwa 90% siswa bersemangat mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia yang
menggunakan perangkat pembelajaran. Hal ini menggambarkan bahwa aktivitas belajar siswa akan
semakin kondusif jika (guru) mengajar sesuai dengan (perangkat pembelajaran), dari hasil angket
juga menunjukkan 39% siswa yang merasa tegang dan takut selama mengikuti aktivitas yang
dilakukan oleh guru. Sebagian 20 indikator angket juga terdapat 2 kriteria yang persentasinya kurang
dari 50% dan 17 kriteria lainnya lebih dari 60% dari data yang tertera, aktivitas belajar siswa semakin
optimal dengan adanya pengajaran yang disusun dengan perangkat pembelajaran, dari hasil angket
dapat disimpulkan bahwa nilai yang diberikan terhadap penggunaan perangkat pembelajaran dalam
mengajar adalah 74,4. Pelaksanaan observasi yang telah dilakukan selama 3 bulan berkenaan dengan
keobjektivitasan terhadap sekolah dan integrasi dengan tujuan tertentu dapat diketahui bahwa 90%
siswa tampak bersemangat mengerjakan tes dan setiap aktivitas belajar yang disusun oleh guru,
namun pada interaksi belajar dan inisiatif terdapat 50% siswa yang menunjukkan perilaku yang sesuai
dengan tujuan peneliti. Ditambah lagi 60 % siswa yang pernah mengikuti lomba atau kreaktivitas
sekolah antar pelajar, dengan hasil ini dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dan prestasi
masing-masing menunjukkan adanya ketidak seimbangan walaupun guru sudah mengoptimalkan
fungsi perangkat pembelajaran dalam proses pengajarannya.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2020 |
VOLUME JURNAL | 9 |
NOMOR JURNAL | 38 |
NAMA PENERBIT | Kode Jurnal Bahasa |
NOMOR ISSN/ISBN | 2301-5411 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/manager/importexport/plugin/QuickSubmitPlugin |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19973 |