ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM NOVEL "ANAK LUMPUR MENGGAPAI MATAHARI"
PERONIKA, MARSHINTA ULI SIDABUTAR, MAYLISA TRIANGGA PURBA (2021) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM NOVEL "ANAK LUMPUR MENGGAPAI MATAHARI" , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Abstrak
Pendidikan karakter merupakan aset terpenting dalam kehidupan manusia, nilai-nilai karakter dalam karya sastra sebuah novel dapat digunakan untuk membentuk karakter setiap
peserta didik. Penelitian ini berjudul “Anak Lumpur Menggapai Matahari” karya K.H. Junaedi AlBaghdadi. Novel ini ditulis berdasarkan kisah nyata kehidupan penulis. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan nilai- nilai karakter dalam Novel “ Anak Lumpur Menggapai Matahari”
Karya K.H. Junaedi AL- Baghdadi. Dalam novel ini terdapat lima belas nilai pendidikan karakter
yaitu : (1). Nilai Religius, (2). Nilai Jujur, (3) Nilai Toleransi, (4) Nilai Kerja keras, (5) Nilai
Disiplin, (6) Nilai Kreatif, (7) Nilai Mandiri, (8) Nilai Cinta damai, (9) Nilai Percaya diri, (10)
Nilai Menghargai Prestasi, (11) Nilai Bersahabat dan Komunikatif, (12) Nilai Gemar Membaca,
(13) Nilai Rasa Ingin Tahu, (14) Nilai Peduli Sosial, dan (15) Nilai Tanggung Jawab. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualiatatif. Yaitu memaparkan tentang
suatu gambaran data dalam bentuk kata-kata tertulis ataupun lisan mengenai peristiwa yang terjadi
dan dapat diamati. Subyek penelitian ini adalah novel Anak Lumpur Menggapai Matahari”. Karya
Junaedi AL- Baghdadi, sedangkan objeknya adalah nilai- nilai karakter dalam Novel “ Anak
Lumpur Menggapai Matahari” Karya Junaedi AL- Baghdadi. Penelitian ini bermanfaat bagi
pendidikan karakter peserta didik melalui pembelajaran sastra khususnya tentang novel.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2021 |
VOLUME JURNAL | 10 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | ASAS : Jurnal Sastra |
NOMOR ISSN/ISBN | 2580894X |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/22538 |