PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP BHAKTI BANGSA TAHUN AJARAN 2020/2021
FITRIA KHAIRUNNISA (2021) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP BHAKTI BANGSA TAHUN AJARAN 2020/2021 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang diberikan suatu treatment dan memiliki tujuan agar mengetahui bagaimana pengaruh dari model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur teks narasi siswa kelas VII SMP Bhakti Bangsa pada Tahun Ajaran 2020/2021. Siswa kelas VII SMP Bhakti Bangsa merupakan populasi penelitian ini. Penelitian ini memakai teknik random sampling pada sampel untuk mendapatkan data. Kelas VII-A akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas VII-B akan dijadikan kelas kontrol dalam penelitian ini . Dari data hasil penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai hasil rata-rata yaitu kelas kontrol 50,9 dan kelas eksperimen nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73,3. Berdasarkan dari data hasil penghitungan diperoleh thitung = 10,03 dan ttabel = 2,04. Jadi, kriteria pengujian hipotesis pada penelitian ini yaitu thitung > ttabel. Jadi, pada penelitian ini Hipotesis nilai (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil penghitungan terbuktikan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dengan demikian menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada saat proses pembelajaran mengidentifikasi unsur teks narasi siswa kelas VII SMP Bhakti Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021 sangat berpengaruh positif dan bisa memberi semangat serta motivasi ketika belajar.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2021 |
VOLUME JURNAL | 4 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Jurnal Basataka (JBT) |
NOMOR ISSN/ISBN | 2621-5977 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/103 |