PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. CYBERNETIC MAKMUR LESTARI

ALEXANDER WONGKAR, MICHAEL, MUHAMMAD RIZKI BALLIANSA (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. CYBERNETIC MAKMUR LESTARI , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

ABSTRAK

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN
TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. CYBERNETIC MAKMUR LESTARI

Oleh :
Alexander Wongkar
163304020430
Michael
163304020415
Muhammad Rizki Balliansa
163304020426

Program Studi S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
produk, harga. dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada PT. Cybernetic
Makmur Lestari yang belum mampu untuk memikat hati konsumen agar terciptanya
loyalitas dalam penggunaan produk PT. Cybernetic Makmur Lestari. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori – teori Manajemen Pemasaran, yang
berkaitan dengan kualitas produk, harga, kualitas layanan dan loyalitas konsumen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif,
jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah
deskriptif explanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
regresi berganda. Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen PT. Cybernetic
Makmur Lestari pada tahun 2019 yang berjumlah 137 orang. Penentuan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas layanan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dari hasil analisis mengenai faktor – faktor
yang mempengaruhi loyalitas konsumen dapat dilihat dari ketiga variabel yang
dianalisis, maka yang paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen adalah
variabel kualitas layanan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan t hitung
masing – masing variabel.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Internasional
TAHUN JURNAL 2020
VOLUME JURNAL 3
NOMOR JURNAL 4
NAMA PENERBIT Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal)
NOMOR ISSN/ISBN 26151715
LAMAN PENERBIT (URL) http://www.bircu-journal.com/index.php/birci
LAMAN ARTIKEL (URL) https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/1306